Senin, 27 September 2010

Fungsi Manajemen

Kata “manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.

menurut Mary Parker Follet, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

menurut Ricky W. Griffin, mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Secara umum, ada empat fungsi manajemen yang sering orang menyebutnya “POAC”, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controling.

- Planning
Planning adalah kemampuan untuk merencanakan suatu tindakan yang tepat dan akurat. Untuk memudahkan menyusun rencana tersebut maka harus bisa menjawab rumus 5W+1H yaitu WHAT (apa) yang akan dilakukan, WHY (mengapa) harus melakukan apa, WHEN (kapan) melakukan apa, WHERE (dimana) melakukan apa, WHO (siapa) yang melakukan apa, HOW (bagaimana) cara melakukan apa.

- Organizing
Organizing adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan pembagian tugas. Pengorganisasian mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan dan menentukan orang yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas yang telah dibagi-bagi tersebut. Pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang harus mengerjakannya, bagaimana tugas-tugas tersebut dikelompokkan, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, dan pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

- Actuating
Actuating adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan bagaimana cara menggerakkan kerabat kerja (sumber daya manusia) sesuai dengan pembagian tugas yang telah dilakukan pada fungsi Organizing. Jadi, actuating mempunyai prinsip menggerakkan orang-orang agar mau bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadaran secara bersama-sama untuk mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini yang dibutuhkan adalah kepemimpinan (leadership).

- Controling
Controlling adalah suatu proses pengawasan untuk mengukur atau membandingkan antara perencanaan yang telah dibuat dengan pelaksanaan yang telah di capai. Dengan adanya pengawasan ini, diharapkan tidak akan terjadi kesalahan atau penyimpangan. Biasanya kelemahan pada fungsi inilah yang paling sering membuat gagalnya suatu manajemen.


By Suhardi (Petroleum Engineering ITB ’07)

Rabu, 22 September 2010

Cinta?

''Ku-tak mengerti Cinta" .. ya itu lah sebuah lirik lagu yg sering terlintas di dalam pikiran ku ..
Cinta itu universal, karena bukan hanya cinta kepada pacar, tetapi bisa juga untuk orang / benda yang memiliki arti penting bagi hidup kita

Cinta itu rumit, bisa membuat kita senang, sedih, marah, bisa juga membuat kita senyum" sendiri..

Cinta itu aneh, You cant see it but you can feel it..

Cinta itu menyebalkan, karena sesekali cinta itu tak harus memiliki..

tp bagi ku Cinta itu layak nya buah STRAWBERRY, kadang manis kadang pula asem, tp kalau kita menemukan gigitan yg pas, kita akan menemukan manis nya sebuah Cinta ..

Selasa, 21 September 2010

Finally,,

yeahh..setelah lama berkecimpung di dunia online akhirnya ngerti buat blog.. (udik mode on, hehe)..
kenapa namanya sop info? karena ter-inspirasi dari nama makanan yaitu sop buah yg isinya campur" segala jenis buah"an.. sebalik nya di blog gw ini.. yang akan gw isi dengan semua info mulai dari ide / kreativitas gw sendiri ato pun comot artikel dr orang laen..

ok gan,, semoga info" / artikel yg gw post ini dpt bermanfaat bagi kita semua , klo ad salah kata mohon di maafkan .. hehehe =)