Jumat, 14 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen

SEDIKIT PENDAHULUAN TENTANG SIM
bagian dari pengendalian internal  suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akutansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

TUJUAN UMUM
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:
  • sistem informasi akutansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  • Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  • Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
  • Sistem informasi personalia (personal information systems).
  • Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
  • Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
  • Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
  • Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
  • Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
  • Sistem informasi analisis software
  • Sistem informasi teknik (engineering information systems).
  • Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information systems).
Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:
  • Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan Identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
  • Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa


PERANAN SIM DI PERUSAHAAN
SIM di perusahaan sangatlah penting, karena merupakan bentuk strategi dalam perencanaan dan pematangan dalam kemujuansebuah perusahaan. kenaa begitu? karena di jaman yang modern ini hampir semua perusahaan sudah menggunakan komputer mulai dari hardware hingga software.. 
begitu banyak software saat ini yang bisa membuat perusahaan lebih maju dalam menjalani peluang bisnis. contohnya:
ERP : digunakan untuk merencanakan kegiatan sebuah perusahaan dalam menjalani operasinya
SAP 
MYOB : seperti exel namun MYOB lebih terpadu dan free license
Lotus Notes: aplikasi database yang mudah di gunakan
Power point: untuk presentasi sebuah perusahaan ke client agar lebih menarik
dan masih banyak lagi


Sumber : Disini


Senin, 10 Oktober 2011

Membuat Garis,Segitiga, Persegi dengan OpenGL

- pertama- tama instal OpenGL nya terlebih dahulu
di :download OpenGL

- lalu jalan kan instalernya :
pasti akan keluar notification seperti ini ..


- klik ok hingga proses instalasi selesai

maka tampilan nya seperti di bawah ini

untuk memulai membuat garis , segitiga , persegi
-klik file + new project + multimedia + openGL
-maka akan tampil source code automatis
-klik compile lalu run , otomatis akan menghasilkan gambar segitiga seperti di bawah

jika ingin membuat persegi atau garis maka yang hanya perlu di ganti seditkit source code nya pada bagian gambar di bawah ini..

ganti dengan source code di bawah ini :
Persegi :
 
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);


glBegin (GL_POLYGON);
glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.5f, -0.5f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.5f, 0.5f);
glColor3f (0.0f, 2.0f, 0.0f); glVertex2f (0.5f, 0.5f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 3.0f); glVertex2f (0.5f, -0.5f);
glEnd ();

SwapBuffers (hDC);


Sleep (1);
 
Garis :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);

glPushMatrix ();
glClearColor(1,1,1,0);
glColor3f(1,1,1); //

glBegin(GL_LINES);
glVertex3f(0,0,-0.8);
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);

glEnd ();
glPopMatrix ();

SwapBuffers (hDC);

Sleep (1);
 
hasilnya :




Mantap kan  gan !!

SEDIKIT TEORI TENTANG OPENGL:
OpenGL adalah suatu graphic library yang sebagian bersifat open source, dipakai pada banyak platform (windows, linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler seperti C++ atau Delphi.
OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API).
 
Sintax perintah OpenGL

Sintaks perintah OpenGL mengikuti aturan penulisan dari library dimana fungsi tersebut berasal, format penulisan fungsi OpenGL :
<awalanlibrary><perintah><optional jumlah argumen><optional tipe argumen>

Semua perintah OpenGL menggunakan awalan gl diikuti dengan huruf kapital pada setiap kata membentuk nama perintah (sebagai contoh glClearColor).

Untuk mendefinisikan konstanta diawali dengan GL_, dengan menggunakan huruf kapital dan garis bawah untuk memisahkan kata (seperti GL_POLY_STIPPLE).

Terkadang beberapa huruf dan angka ditambahkan pada akhir perintah (seperti 3f pada glVertex3f). Dalam hal ini angka 3 menunjukkan berapa banyak argumen yang harus ada pada perintah tersebut dan akhiran huruf f menunjukkan jenis datanya yaitu floating. 

Fungsi asli dari OpenGL sendiri selalu diawali dengan gl yang terdapat pada library opengl32.dll dan file header gl.h. Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :

OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL. 
 
Bentuk umum coding untuk pembuatan garis :

glBegin(GL_LINES);                                                                /* Ingin menggambar garis */ 
glVertex2(tipe_data)(koordinat X1, koordinat Y1);              /* menyatakan sejumlah titik */
glVertex2(tipe_data)(koordinat X2, koordinat Y2);             /* menyatakan sejumlah titik */
glEnd();                                                                                    /* Akhir menggambar titik */

Bentuk coding untuk pembuatan segitiga :           
glBegin (GL_TRIANGLES);                                               /* Ingin menggambar segitiga * / 
glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f);   glVertex2f (0.0f, 1.0f);          /* menyatakan sejumlah titik * /
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f);   glVertex2f (0.87f, -0.5f);      /* menyatakan sejumlah titik */
glColor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f);   glVertex2f (-0.87f, -0.5f);    /* menyatakan sejumlah titik */
glEnd ();                                                                             /*  Akhir menggambar titik  * /

Dibutuhkan 3 buah vertex, masing-masing koordinat vertex1,2, dan 3 akan saling terhubung membentuk segitiga

Bentuk coding untuk pembuatan kotak :           
glBegin (GL_POLYGON);
glColor3f (1.0f, 0.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.5f, -0.5f);
glColor3f (0.0f, 1.0f, 0.0f); glVertex2f (-0.5f, 0.5f);
glColor3f (0.0f, 2.0f, 0.0f); glVertex2f (0.5f, 0.5f);
glColor3f (0.0f, 0.0f, 3.0f); glVertex2f (0.5f, -0.5f);
glEnd ();

Dibutuhkan 4 buah vertex, masing-masing koordinat vertex1,2, 3, dan 4 akan saling terhubung membentuk persegi. Koordinat harus sama sisi, jika ingin berbentuk persegi (kubus