Kamis, 29 September 2011

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF DALAM OPERASIONAL PERUSAHAAN PADA ERA GLOBALISASI

Teknologi? yaa.. di jaman yang sudah sangat maju ini siapa yang tidak membutuhkan teknologi.. dimana" sekarang sudah memakai teknologi..
pengguna-nya pun beragam, dari anak kecil hingga orang tua. dari orang awam hingga yang mahir. 
bahkan hampir dari setiap lingkungan yang kita temui hampir memakai teknologi ..

kali ini saya akan membuat artikel sesuai dengan judul pada episode blog kali ini..

Perusahaan pada era globalisasi kini sudah banyak, bahkan hampir semua perusahaan mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar menggunakan Teknologi informasi..
tetapi tidak dapat di pungkiri bahwa penggunaan Teknologi dalam perusahaan sangatlah mudah, karena Teknologi informasi juga bisa menyebabkan kendala lain-nya seperti : masalah biaya, Sumber Daya Manusia (SDM), dan faktor lainya .

maka dari itu penerapan penggunaan Teknologi informasi pada perusahaan  di era globalisasi harus mempunyai beberapa point seperti yang saya bahas di bawah ini agar lebih kompetitif.

  • konsep manajemen informasi dalam perusahaan : 
manajemen informasi biasa nya lebih mengarah ke mengolah suatu data menjadi sebuah informasi.. dan juga membuat sebuah program atau aplikasi yang di butuhkan oleh perusahaan.. contohnya ERP, SAP, MYOB , dll.
  •  Konsep keunggulan kompetitif dalam operasional perusahaan. :
keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai. :
  1. operasional prima (operational excellence).
  2. keakraban dengan pelanggan (customer intimacy).
  3. keakraban dengan pelanggan (customer intimacy)
  •   Strategic Uses of Information Technology :
Teknologi Informasi ini akan membawa Perusahaan lebih baik dan menguntungkan semua stakeholder-nya. Untuk mendapatkan keyakinan tersebut maka harus disusun strategi jitu untuk pengimplementasian Teknologi Informasi yang diharapkan bisa menjamin manfaat TI yang diperoleh akan sebanding dengan investasi yang ditanam, dan mengatasi permasalahan pertumbuhan teknologi yang sangat cepat. Di atas itu semua strategi Teknologi Informasi ini tentunya harus sejalan dengan strategi organisasi Perusahaan



  •   Membangun Customer Focused Bisnis :
Customer Focused Bisnis sangat diperlukan dalam membangun organisasi bisnis baru, sehingga para customer akan focus pada satu titik.
  1. pemasaran dan penjualan 
  2. produksi.    
  3. Administrasi dan Keuangan.
  • Value Chain & Strategic Information System :
Pada poin ini, semuanya tidak beda jauh dengan Strategic Uses of Information Technology. Hanya bagian informasinya lebih di tekan agar pemasarannya jadi lebih baik.

  • Re-engineering Bussiness Process :
Reengineering proses bisnis adalah pemikiran ulang fundamental dan disain ulang radikal suatu proses bisnis organisasi yang akan mengarahkan organisasi untuk mencapai peningkatan kinerja bisnis secara dramatis.

  • Menciptakan Virtual Company. :
yaitu menciptakan produk atau softwere sendiri untuk mendukung suatu perusahaan.

  • Membangun Knowledge Creating Company. :
1. Important knowledge in Company :
- Cara menghadapi persaingan global.
- Cara menjaga kepuasan pelanggan.
- Cara mengantisipasi dinamika persaingannya secara tepat melalui pengembangan virtual Lego Factory.
- Cara menghadapi arena persaiangan dengan film-film yang sedang beredar dengan kualitas box-office, misalnya Star Wars dan Harry Potter.
- Melaksanakan program restrukturisasi yang terdiri dari downsizing dan downscoping.
2. Cross cultural interfaces & Knowledge domain :
- Lego Group mengirimkan produknya kepada retail-retail kecil yang terdapat di dalam database Lego Group sejak tahun 1950.
- Penjualan saham Legoland (Taman Bermain Lego) kepada Blackstone senilai US$450 juta dan penglepasan aset non-produktif di AS, Korea Selatan, dan Australia merupakan bentuk divestasi Lego dalam kaitannya dengan program turn around. Divestasi ini menghasilkan efektivitas dan efisiensi perusahaan yang secara langsung meningkatkan kinerja Lego.


Sumber : Klik disini
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar