Minggu, 08 Juni 2014

Ini Dia Rahasia Supaya tidak Gampang Pilek

Flu merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh banyak orang, terlebih lagi saat musim pancaroba tiba. Cuaca yang tak menentu menjadi salah satu penyebab seseorang terserang flu. Hal itu disebabkan mudahnya tubuh kita terserang virus maupun bakteri. Apalagi saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Flu atau influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernafasn, sepeti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu disebabkan oleh beberapa faktor dan mudah sekali menular. Oleh sebab itu, Anda harus melindungi diri dari serangan virus ini.

Bahkan menurut National Institutes of Health, virus flu dapat menyebar dari tetesan air liur yang berasal dari batuk atau bersin si penderita flu. Nah, untuk mengetahui Anda terserang flu atau tidak berikut adalah gejala awalnya:
1.    Badan nyeri dan kedinginan
Saat Anda merasa tubuh nyeri dan mengigil itu tandanya Anda terserang flu. Nyeri yang terjadi pada tubuh, dapat menyerang bagian manapun terutama kepala dan kaki. Namun, jika mengigil kebanyakan menyerang secara bersamaan dengan timbulnya nyeri, sebelum terjadinya demam.
2.    Batuk
Sudah bukan rahasia lagi, kalau batuk adalah salah satu gejala awal terserangnya flu. Batuk yang terjadi terus menerus merupakan peringatan terhadap flu. Virus flu yang menyerang Anda biasanya dapat menyebabkan batuk yang disertai mengigil serta sesak pada dada. Batuknya pun biasanya berdahak maupun berlendir. Terlebih lagi jika Anda memiliki asma, sebaiknya segera periksa ke dokter. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memakai masker saat batuk atau flu agar orang sekitar Anda tidak tertular.
3.    Merasa kelelahan
Anda akan merasa cepat lelah dari biasanya disaat datangnya musim hujan. Namun Anda perlu mengetahui perbedaan antara cepat lelah dengan kelelahan yang ekstrem, karena kelelahan yang ekstrem merupakan gejala awal flu. Oleh sebab itu, sangat disarankan Anda untuk istirahat yang cukup saat flu menyerang.
4.    Demam
Saat tubuh Anda demam, itu merupakan tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi. Demam karena flu biasanya dapat mencapat 38 derajat celcius bahkan lebih.
5.    Masalah pencernaan
Beberapa gejala awal flu memang menyerang kepala, dada, dan tenggorokan. Namun tak jarang beberapa virus justru menyebabkan diare, nyeri perut, muntah dan mual. Beberapa gejala tersebut kebanyakan lebih sering menyerang anak-anak dibandingkan orang dewasa.
6.    Sakit tenggorokan
Saat Anda terserang flu dan batu, otomatis tenggorokan Anda pun akan ikut sakit. Saat Anda akan terserang flu, biasanya tenggorokan Anda akan terasa gatal dan iritasi. Hal itulah yang menyebabkan tenggorokan sakit. Anda dapat mengonsumsi sup hangat atau air hangat untuk sedikit meredakan sakit di tenggorokan Anda.
Reviewed by dr. Adhiatma Gunawan
Sumber: www.meetdoctor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar